Humas Pemko Serahkan Temuan BPK Kepada TP-TGR

oleh

Suarakita, Binjai – Humas Pemko Binjai bingung dengan adanya temuan pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sumut di bagian humas Pemko Binjai senilai Rp 107.400.000 pada tahun anggaran 2009 lalu.

Temuan kebocoran uang negara tersebut ironisnya melibatkan 30 wartawan dari berbagai media cetak yang tergabung dalam Unit Pemko Binjai tahun 2009 pada masa Asnawi,SSos menjabat sebagai Kabag Humas Pemko Binjai.Beberapa nama wartawan yang terlibat bahkan sudah meningggal dunia.

Untuk membahas serta mencari solusi temuan itu, Kabag Humas Pemko Binjai Rudi Iskandar Boros , ST terpaksa mengundang wartawan yang namanya ada dalam daftar temuan itu.

Namun ketika Kabag humas Rudi Iskandar Baros bertemu wartawan yang namanya ada dalam daftar temuan, para wartawan bersikeras belum mau mengembalikan uang tersebut karena merasa mereka sudah benar bekerja pada masa itu.

Dan wartawan malah menuding pihak humas Pemko Binjai yang salah ( red: mantan kabag humas Pemko Binjai tahun 2009, Asnawi,SSos).

Terkait temuan itu Kabag Humas Pemko Binjai Rudi Iskandar Boros,ST ketika di temui wartawan, Selasa,(13/3) sore di kantor Humas Pemko Binjai mengatakan bahwa dirinya telah melaksanakan pungsinya selaku kabag humas Binjai dan kasus temuan kebocoran uang negara ini sudah di serahkannya ke pihak Majelis Pertimbangan Tuntutan dan Tuntutan Ganti Rugi (TP-TGR) Pemko Binjai.

“Sudah saya serahkan ke Majelis TP-TGR Pemko Binjai sesuai arahan sekdako Binjai . Saat bertemu saya wartawan merasa mereka tidak salah dan menuding yang salah pihak humas Pemko Binjai dan mereka wartawan juga minta ketemu dengan pihak BPK Sumut dan majelis TP-TGR meminta wartawan untuk mengembalikan temuan itu ,”jelas Rudi Iskandar Boros,ST.

Sekedar mengingatkan bahwa berdasarkan data yang diperoleh wartawan, temuan BPK di bagian Humas Pemko Binjai yang melibatkan 30 wartawan unit Pemko Binjai ini terjadi pada kegiatan Pembayaran biaya Pers dalam rangka temu Pers tahun 2009 dengan 30 wartawan unit Pemko Binjai sebesar Rp 32.400.000.

Lalu pada kegiatan biaya Bantuan kepada 30 wartawan unit Pemko Binjai pada tahun anggaran 2009 senilai Rp 75 juta. Jadi total temuan dari BPK tahun 2009 di bagian humas Pemko Binjai mencapai Rp 107.400.000.

Rata-rata nilai temuan terhadap wartawan ini Rp 1200.000 untuk pemberdayaan Pers, sedangkan untuk bantuan mencapai Rp 3000.000 perwartawan unit Pemko. Dalam hal ini biasanya temuan ini akan di kembalikan ke negara.

“Bagi wartawan yang telah meninggal dunia biasanya akan di pertanggungjawabkan ahli warisnya.(sk/op)